Hiasan Natal Buatan Sendiri

Posted on

Hiasan Natal Buatan Sendiri. Hiasan Natal adalah salah satu dekorasi yang digunakan pada waktu Natal. Warna tradisional yang digunakan untuk menggambarkan suasana Natal adalah hijau pinus, putih salju, dan merah hati. Biru dan putih juga sering digunakan untuk mewakili suasana musim dingin, atau bahkan suasana Hanukkah, yang dirayakan pada waktu yang hampir bersamaan.

Warna emas dan perak juga sangat umum digunakan, serta warna-warna metalik lainnya. Sedangkan ikon-ikon musim dingin yang digunakan biasanya adalah kepingan salju, manusia salju, bongkahan es, serta penguin dan beruang kutub.

Jenis hiasan Natal yang digunakan berbeda di tiap-tiap negara, tergantung pada tradisi dan sumber daya yang tersedia. Pohon Natal dikatakan sebagai bentuk tradisi dan ritual pagan Kristiani yang mengelilingi titik balik matahari musim dingin, termasuk penggunaan dahan cemara dalam ritual, dan penggunaan pohon sebagai hiasan Natal diadaptasi dari ritual pagan. Istilah “Christmas tree” (pohon Natal) pertama kali digunakan pada tahun 1835, yang berasal dari bahasa Jerman.

Tradisi penggunaan pohon sebagai hiasan Natal modern diyakini dimulai di Jerman pada abad ke-18, meskipun benyak yang berpendapat bahwa Martin Luther telah memulai tradisi ini pada abad ke-16. Dari Jerman, tradisi ini kemudian diperkenalkan di Inggris; di negara ini, penggunaan pohon sebagai hiasan Natal pertama kali diperkenalkan oleh Ratu Charlotte, istri Raja George III, dan kemudian semakin populer pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Foto Ratu Victoria dengan hiasan cemara yang terkenal diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1840, sekaligus memperkenalkan tradisi ini ke kalangan warga Amerika.Pohon Natal bisa dihiasi dengan lampu dan ornamen.

hiasan-natal-buatan-sendiri

Hiasan Natal Buatan Sendiri Untuk Rumah Anda

Hiasan Natal buatan sendiri memang bisa jadi sangat istimewa. Hal ini karena Hiasan Natal buatan sendiri lebih sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Bulan Desember sebentar datang. Bulan ini identik dengan perayaan Natal. Bagi yang merayakan, rumah sudah mulai dihias dengan pohon Natal dan beragam hiasan lainnya. Jika Anda sudah bosan dengan hiasan lama Anda tapi tidak ingin menghabiskan uang banyak untuk membeli yang baru, coba buat hiasan sendiri.

Sebenarnya dekorasi natal gak melulu harus beli di mal dengan harga yang lumayan menguras kantung. Kamu bisa berkreasi dengan menggunakan barang bekas sebagai bahan dasar untuk membuat ragam hiasan natal. Proses membuat hiasan natal ini juga bisa membuat natalmu semakin hangat, karena dikerjakan bersama dengan keluarga.

Hiasan Natal Buatan Sendiri Dari Barang Bekas

Penasaran ‘kan barang apa saja di rumahmu yang bisa kamu sulap untuk jadi hiasan natal?

Snow Globe Botol Bekas

Manfaatkan botol selai bekasmu jadi snow globe lucu. Di dalamnya kamu bisa masukkan foto anggota keluarga dan momen berharga lainnya.

Membuat ragam dekorasi natal dengan menggunakan barang bekas memang sangat mudah dan sederhana. Hanya butuh sedikit kreativitas dalam mengolah barang bekas tersebut. Kamu pun bisa dengan enteng menyulap botol selai bekas menjadi hiasan berkelas untuk dipajang di dalam rumah. Yang kamu butuhkan hanyalah botol selai bekas, foto yang sudah dilaminating, glycerin, bubuk glitter, lem anti air, dan hiasan kecil.

Caranya pun sangat sederhana:

  • Rekatkan foto dan hiasan pada tutup selai dengan lem anti air.
  • Isi botol selai dengan air kemudian taburi dengan bubuk glitter dan 2-3 sendok teh glycerin untuk tiap toples.
  • Terakhir, olesi bagian tutup toples dengan lem anti air dan rekatkan pada badan toples.
  • Voila! Jadi deh snow globe buatanmu dengan foto anggota keluarga di dalamnya.

Gak cuma berfungsi sebagai snow globe, tapi bisa juga jadi cara unik untuk memajang foto-foto lawasmu dan keluarga menjadi lebih berkelas.

Bola Kaca CD Bekas

Ubah kepingan CD bekasmu jadi penghias cantik bola kaca. Potongan asal-asalan dari bekas CD bisa membuat pohon natalmu lebih mewah! Pingin punya hiasan pohon natal yang gak pasaran dan lain daripada yang lain? Ini dia jawabannya! Kamu bahkan cuma butuh lem, gunting, kepingan CD bekas, bola kaca untuk pohon natal, serta kain warna emas atau glitter. Hanya dengan alat-alat sederhana ini kamu sudah bisa menghadirkan kemewahan di dalam rumahmu.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah potong kaset CD bekasmu dengan bentuk sembarang. Kemudian rekatkan potongan kaset CD dengan pola acak seperti mozaik. Setelah semua badan bola sudah tertutup, masukkan kain berwarna emas atau glitter ke dalamnya. Voila! Hiasan sederhana yang terkesan mewah bisa kamu gantungkan di dahan pohon cemaramu!

Pinguin Dari Botol Soda

Walau Indonesia nggak bersalju kamu tetap bisa menghadirkan pinguin imut di rumahmu. Gimana caranya? Pakai pantat botol soda!  Botol soda rongsokan bisa digubah menjadi mainan imut dengan bentuk pinguin berbagai pola! Bahkan, mainan lucu nan unik ini bisa jadi teman main adek atau keponakan. Cukup bermodalkan 2 botol plastik soda untuk membuat sebuah pinguin hias.

Yang kamu butuhkan cuma botol bekas, cat minyak beraneka warna, lem tembak, dan sedikit keterampilan menggambar. Nih ya langkah-langkahnya:

  • Potong badan botol jadi 2, dengan satu bagian yang lebih pendek.
  • Gabungkan bagian yang lebih pendek di atas badan botol yang lebih panjang dengan posisi terbalik, lekatkan dengan lem tembak.
  • Warnai badan botol bagian depan dengan cat minyak warna putih.
  • Gambar badan pinguin dengan cat minyak warna hitam, menggunakan kuas kecil.
  • Gunakan cat warna hitam untuk mewarnai bagian belakang badan botol.
  • Warnai bagian pendek dari badan botol dengan warna yang lebih terang (bagian ini nantinya akan jadi topi pinguin.)
  • Hias pinguinmu sesuai selera. Makin imut, makin lucu.

Ajak keponakan dan adik kecilmu juga supaya acara membuat kerajinan tangan ini semakin asyik dan seru. Kapan lagi berkumpul bersama dan membuat kerajinan tangan dengan semua anggota keluarga? Momen membuat hiasan bersama ini bisa membayar waktu kebersamaan yang hilang sepanjang tahun.

Bola Natal Istimewa

Bola natal sih boleh bulat-bulat saja. Tapi ornamennya bisa dibikin tak biasa dengan cap tangan yang dibentuk jadi snowman atau jenggot santa. Membuat kerajinan tangan ini memang mudah dan sama sekali tidak sulit. Bahkan kamu bisa seru-seruan bersama adik dan para keponakanmu. Hal ini juga bisa menjadi ajang pemecah suasana kaku antar anggota keluarga karena sudah lama tidak bertemu.

Bahkan, membuat kerajinan tangan yang satu ini bisa semakin mempererat tali persaudaraan antar keluarga. Untuk membuat ornamen natal ini sangat sederhana karena kamu hanya membutuhkan cat, kuas, dan bola-bola penghias pohon natal. Cetakan telapak tangan yang tertempel di badan bola bisa dikreasikan menjadi snow man atau sinterklas.

Jika ingin membuat bentuk snow man, kamu bisa mencontoh langkah-langkah pada gambar. Tetapi jika kamu ingin membentuk gambar sinterklas, kamu bisa membuat wajah sinterklas di telapak tangan dan gunakan jari-jari sebagai jenggotnya. Ingin menandai bola kreasimu? Tuliskan saja nama dan tahun di badan bola, bisa juga dijadikan hiasan natal buatan sendiri sebagai kenangan di Natal yang akan datang.

Boneka Salju Dari Tutup Botol

Gak ada salju? Tutup botol juga bisa kamu buat menjadi Snow man yang tak kalah lucu!. Sering bermimpi membuat snow man dengan salju? Yuk, bikin snow man dengan tutup botol! Kegiatan ini gak kalah seru dan hasilnya pun juga sama lucu. Kamu tidak butuh kreativitas yang berlebih kok untuk membuat gantungan unik ini sebagai hiasan , yang kamu butuhkan hanyalah kebersamaan.

Caranya mudah:

  • Rekatkan 3 tutup botol dengan lem tembak, kemudian tempelkan pita di belakangnya.
  • Celupkan tusuk gigi ke dalam cat akrilik warna hitam, buat mata dan bibir. Sedang untuk hidungnya kamu bisa menggunakan cat akrilik warna orange.
  • Sebagai hiasannya, gunakan pita warna-warni yang dibentuk sebagai simpul sederhana — kemudian tambahkan kancing sebagai ornamen. Gunakan hiasan ini sebagai pemanis di leher snowman-mu.

boneka-salju-kaos-kaki-bekas

Boneka Salju Kaos Kaki Bekas

Bermodalkan kaos kaki lawas masa SMA, kamu bisa mengubahnya menjadi boneka salju yang membuat ponakan gemas.

Apakah dulu kamu tergabung dalam mahzab kaus kaki panjang semasa sekolah? Kini kaus kakimu menumpuk saja di rumah? Jangan buru-buru mencap kaus kaki itu sebagai barang bekas! Kamu bisa menyulapnya menjadi boneka lucu yang membuat saudara-saudaramu gemas. Membuatnya pun tak susah, kamu hanya butuh sedikit kreativitas dan kemampuan menjahit yang tidak harus sempurna.

  • Potong kaus kaki jadi 2 bagian, tepat di bagian mata kaki.
  • Ikat bagian atas kaus kaki yang dipotong pendek.
  • Untuk kaus kaki yang dipotong lebih panjang, jahit rapat salah satu ujungnya.
  • Isi kedua potongan kaus kaki dengan kain dakron hingga mendapatkan kepadatan yang diinginkan.
  • Gabungkan kedua potongan dengan cara dijahit.
  • Manfaatkan juga baju berpola yang tak terpakai sebagai syal di leher snow man.

Dijamin boneka sederhana ini bisa membawa kehangatan di tengah-tengah keluarga. Selamat mencoba ya!

Koper Kenangan Kardus Bekas

Hiasan natal buatan sendiri kali ini adalah koper kenangan dari kardus bekas. Punya kardus sepatu yang sudah tidak terpakai? Ubah kardus bekasmu jadi koper kenangan cantik.

Hobi berlibur bersama keluarga? Ini saatnya kamu membuat sesuatu yang unik untuk mengabadikan momen yang bisa jadi tak terulang dalam waktu dekat! Kumpulkan foto liburan kalian dan sulap menjadi hiasan yang penuh makna.

Ubah kardus sepatumu jadi bentuk koper yang cantik. Gunakan pengait untuk menggabungkan penutup kardus dengan badan kardus. Setelahnya, masukkan foto ke dalam kardus. Lalu hias dengan ornamen sesuai keinginan. Agar makin menambah nuansa natal kamu bisa menggunakan potongan pohon cemara, gambar Santa, atau hiasan lonceng dalam kardusmu.

Kamu bisa meletakkannya di bawah pohon Natal sebagai dekorasi, sekaligus sebagai doa yang tak terucap supaya di tahun depan kalian bisa menikmati liburan bersama lagi.

Pigura Foto Dari Cetakan Kue

Karena Natal selalu identik dengan kue kering, manfaatkan cetakan lawas Ibumu untuk jadi pigura bagi foto anggota keluarga.Punya banyak cetakan kue berserakan di dapur? Manfaatkan barang-barang lawas ini jadi hiasan natal buatan sendiri yang unik. Membuatnya pun sangat sederhana karena kamu hanya membutuhkan cetakan kue, beberapa foto, kertas kado, kertas karton, dan kain pita.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menutup satu sisi cetakan dengan kertas karton yang sudah dilapisi dengan kertas kado di kedua sisinya. Kamu juga bisa menutup cetakan kue dengan kertas karton yang sudah dilapisi foto untuk sisi yang menghadap ke dalam dan kertas kado sebagai pelapis untuk sisi yang menghadap ke luar. Langkah terakhir, ikatkan pita ragam warna sebagai pengait dekorasi.

Kamu bisa menggantungkannya di dahan pohon natal untuk selalu mengenang masa indah bersama keluarga tercinta.

Macam-Macam Hiasan Natal Dan Maknanya

Tanaman Sebagai Hiasan Natal

Sejak abad ke-19, poinsettia, tanaman asli dari Meksiko, telah sering dikaitkan dengan perayaan Natal. Tanaman Natal populer lainnya termasuk holly, mistletoe, ivy, amarilis merah, dan kaktus Natal. Bersama pohon Natal, interior rumah dihiasi dengan tanaman-tanaman ini, kadang dilengkapi juga dengan karangan bunga dan dedaunan cemara. Penggunaan pinus di dalam pot juga populer, namun tanaman ini membutuhkan cahaya matahari, dan penggunaannya sebagai tanaman hias sangat tidak dianjurkan.

Karangan bunga untuk hiasan Natal bisa terbuat dari tumbuhan nyata atau hanya berupa cabang konifer buatan. Beberapa jenis cemara juga bisa digunakan sebagai karangan bunga, yang dirangkai bersama buah pinus dan berri, serta dihiasi dengan ornamen Natal seperti lonceng.

Natal Di Luar ruangan

Di Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan Eropa, sudah menjadi tradisi untuk menghiasi bagian luar rumah dengan lampu-lampu, dan kadang juga dilengkapi dengan kereta salju, manusia salju, dan ikon-ikon Natal lainnya. Simbol-simbol Natal akan digantung di dekat lampu-lampu jalan dan pohon Natal diletakkan di alun-alun kota.

Hiasan Natal Lainnya

Di Dunia Barat, gulungan kertas berwarna cerah dengan motif Natal ataupun motif umum diproduksi sebagai pembungkus hadiah. Ilustrasi Desa Natal juga menjadi tradisi di banyak rumah selama musim ini. Dekorasi Natal lainnya termasuk lonceng, lilin, permen tongkat, garland, kaus kaki, karangan bunga, dan miniatur malaikat.

Di sebagian besar negara, representasi gua Natal sangat populer. Terdapat beberapa gereja yang masih menampilkan drama kelahiran Yesus yang diperankan oleh relawan, dan bahkan dengan menggunakan hewan hidup. Salah satu benda lainnya yang paling populer saat Natal adalah kaus kaki. Menurut legenda, Santo Nicolas akan menyelinap masuk melalui cerobong asap dan menyelipkan emas ke dalam kaus kaki yang tergantung di perapian.

makna-hari-natal

Makna Hari Natal

Natal (dari bahasa Portugis yang berarti “kelahiran”) adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember; dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari .

Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas.

Kata “natal” berasal dari ungkapan bahasa Latin Dies Natalis (Hari Lahir).Dalam bahasa Inggris perayaan Natal disebut Christmas, dari istilah Inggris kuno Cristes Maesse (1038) atau Cristes-messe (1131), yang berarti Misa Kristus. Christmas biasa pula ditulis Χ’mas, suatu penyingkatan yang cocok dengan tradisi Kristen, karena huruf X dalam bahasa Yunani merupakan singkatan dari Kristus atau dalam bahasa Yunani Chi-Rho.

Dalam Alkitab bahasa Indonesia sendiri tidak dijumpai kata “Natal”, yang ada hanya kelahiran Yesus.