Hiasan 17 Agustus Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia

Posted on

Hiasan 17 Agustus Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia. Negara Republik Indonesia setiap 17 Agustus memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Hari tersebut memang hari bersejarah dan istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sudah sejak dulu memasuki awal bulan Agustus, hiasan dengan tema merah putih bisa dengan mudah kamu temukan dimana-mana. Di jalanan, pusat perbelanjaan, taman, perumahan, dan semua tempat umum lainnya kompak bertemakan merah putih.

Di perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus, biasanya banyak acara yang seru melibatkan anak-anak. Ada yang di kampungnya mengadakan lomba balap karung, lomba makan kerupuk, masukan paku dalam botol, lomba tarik tambang, lomba panjat pinang dan sebagainya.

Untuk ikut merayakannya, kita juga tentu nggak mau ketinggalan dong? Biasanya bendera merah putih sudah pasti wajib ada di hampir setiap tempat. Namun ternyata, nggak hanya bendera saja lho yang bisa jadi atribut untuk merayakan 17 Agustus. Ada beberapa hiasan 17 Agustus yang bisa kamu gunakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Orang-orang mulai sibuk menghias rumah dan lingkungan tempat tinggal. Dari memasang bendera, umbul-umbul , lampu hias, dan lain-lain.

Banyak cara untuk merayakan momen hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 agustus, mulai dari mengadakan upacara 17 agustus, lomba-lomba unik, dan juga tidak ketinggalan menghias gapura, apa sih fungsi menghias gapura? Selain mengandung nilai estetika menghias gapura juga tidak jarang dijadikan sebuah lomba antar desa, yang cukup bergengsi untuk menunjukan seberapa besar kepedulian warga desa tersebut terhadap peringatan hari kemerdekaan Indonesia, keindahaan gapura di momen perayaan hari kemerdekaan Indonesia akan mencerminkan kepedulian dan antusias warga dalam menyambut hari besar ini.

Kenapa kita harus menghias gapura desa atau kampung kita? jawabanya karena gapura dapat menggambarkan seberapa kreatif dan antusiasnya warga pada desa tersebut dalam menyambut hari raya kemerdekaan Republik Indonesia, ketika gapura desa atau kampung terlihat indah secara tidak langsung akan menarik minat orang untuk melihat-lihat desa tersebut khususnya para turis, selain itu desa Anda bisa mengikuti lomba hias gapura yang diadakan oleh pemerintah ataupun pihak swasta dan hadiahnya sangat menggiurkan.

hiasan-17-agustus-untuk-hari-kemerdekaan-indonesia

Caping Merah Putih Hiasan 17 Agustus

Caping adalah topi berbentuk kerucut yang terbuat dari anyaman bambu dan biasanya digunakan mereka yang bekerja di sawah atau kebun. Nah selain berfungsi sebagai topi, caping juga bisa berubah menjadi hiasan 17 Agustus.

engan mewarnai bagian atas caping menggunakan warna merah dan bagian bawah menggunakan warna putih. Selain warna merah dan putih, biasanya caping juga bisa dilengkapi dengan angka bertuliskan 17 atau tulisan seperti Dirgahayu RI.

Gapura Untuk Hiasan 17 Agustus

Pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia tidak jarang menghias gapura dijadikan sebuah lomba antar desa atau kampung, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips menghias gapura, agar gapura di desa Anda terlihat indah dan mencerminkan semangat perjuangan melawan penjajah, mari simak tips menghias gapura dan bagai mana cara menghias gapura berikut informasinya untuk Anda :

Kibarkan Bendera Merah Putih Ditengah Gapura

Hal yang sangat dasar dan wajib ada pada saat momen perayaan 17 agustus adalah bendera negara Republik Indonesia yaitu bendera Merah Putih kebanggaan bangsa Indonesia, dengan menambahkan bendera merah putih akan mengingatkan kita kepada perjuangan para pahlawan terdahulu.

Pahlawan yang berjuang mempertaruhkan nyawa agar bendera merah putih dapat berkibar di tanah Indonesia, letakan bendera merah putih pada titik tertinggi hal ini memiliki makna bahwa kita harus mementingkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi. Menggunakan bendera Merah Putih merupakan salah satu cara menghias gapura agar gapura terlihat lebih menarik untuk hiasan 17 Agustus.

Pilih Tema Cat Gapura Yang Sesuai

Pada umumnya kebanyakan dari kita akan memilih warna merah puth sebagai warna utama dalam menghias gapura apakah itu salah? Tentu saja tidak tapi pasarpolis akan memberikan masukan yang mungkin bisa Anda gunakan dalam menghias gapura 17 agustus, yaitu tambahkan warna yang mencerminkan daerah Anda.

Perpaduan gradasi warna yang sangat serasi, dengan dasar warna merah dan ditambahkan motif batik yang menggambarkan ciri khas daerah tersebut terlihat sangat indah dan sangat elegan. pemilihan warna yang tepat merupakan salah satu point penting dalam kegiatan menghias.

Perhatikan Penggunaan Aksesoris Dalam Menghias Gapura 17 Agustus

Aksesoris seperti bendera kecil, kertas merah putih, lampu hiasan, dan berbagai macam aksesoris lainnya harus diperhatikan intensitasnya, pastikan hiasan tidak terlalu banyak agar tidak terlihat terlalu ramai, lebih baik menggunakan konsep sederhana, Anda disarankan lebih terfokus pada pemilihan gradasi warna yang pas ketimbang menggunakan hiasan yang terlalu banyak.

Terkadang kita secara tidak sengaja meletakan banyak hiasan dengan harapan hasilnya bisa maksimal tapi taukah Anda? Jika terlalu banyak meletakan aksesoris justru akan membuat gapura kita terlihat kurang rapih dan terkesan norak, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan aksesoris seperlunya saja.

Memasang Lambang Garuda Bukan Ide yang Buruk Untuk Menghias Gapura

Penambahan lambang negara Indonesia burung Garuda Pancasila dapat Anda tambahkan untuk desain gapura Anda, penambahan lambang negara ini akan memberi kesan gagah terhadap gapura Anda, tapi ingat kita harus menghormati lambang negara kita jangan letakan lambang di posisi yang rendah, disarankan letakan ditempat yang tinggi dan mudah terlihat.

Tambahkan Tulisan Untuk Menghias Gapura

Menambahkan tulisan akan meningkatkan nilai keindahan dari gapura itu sendiri, tulisan juga dapat menyampaikan pesan yang sangat kuat bagi pembacanya, jadi pastikan menambahkan tulisan dengan kata-kata yang indah dan menggugah semangat seperti “Sekali Merdeka Tetap Merdeka” atau “Merdeka Atau Mati”, dua kalimat tersebut adalah kalimat yang dapat membangkitkan semangat para pahlawan pada saat ingin pergi berperang.

Apakah kata-kata itu juga bisa membangkitkan semangat kita? Pastinya oleh karena itu carilah kata-kata seperti itu, kata-kata yang dapat membangkitkan semangat 45.

Jangan Lupa Ucapkan Selamat Untuk Indonesia

Menghias gapura tidak lepas dari kata-kata selamat seperti HUT Indonesia yang ke- , atau Dirgahayu RI ke – , selain kata-kata selamat tersebut Anda juga bisa menggunakan kata yang lebih fresh seperti “Selamat Hari Kemerdekaan yang ke – ” atau kata lain yang mengandung maksud yang sama.

Dengan menambahkan kata-kata selamat ini akan menimbulkan kesan antusiasme yang sangat tinggi dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia dan menambahkan ucapan selamat juga menjadi salah satu cara menghias gapua yang sangat ampuh, karena biasanya penilaian dalam lomba gapura hias salah satu point penilaiannya adalah kata-kata yang tertulis pada gapura, pastikan Anda menulisnya dengan rapih dan indah.

gapura-17-agustus

Tambahkan Sesuatu yang Baru Pada Gapura 17 Agustus

Selain menggunakan hiasan yang sudah lazim digunakan Anda juga harus bisa berkreasi menciptakan sesuatu yang baru hal ini sangat penting apalagi jika Anda berniat mengikuti lomba menghias Gapura hiasan 17 agustus.

Sebagai contoh Anda bisa menambahkan beberapa senjata senapan laras panjang tiruan yang bisa dibuat dari kayu, atau peralatan perang lainnya untuk membangkitkan memori orang yang melihat gapura tersebut tentang perjuangan nenek moyang kita dalam merebut kemerdekaan, atau mungkin Anda bisa menambahkan lukisan wajah dari pahlawan-pahlawan hebat Indonesia seperti Jendral sudirman, bapak proklamator kita Ir. Seokarno, atau pahlawan lain yang terkenal di daerah Anda.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan sedikit gambaran tentang situasi ketika Indonesia masih dijajah agar anak-anak kita bisa tahu bagaimana sulitnya merebut kemerdeakaan dari tangan penjajah yang mengharuskan pejuang kita mengangkat senjata dan mengorbankan nayawa untuk merebut kemerdekaan.

Hiasan 17 Agustus Gapura Salah Satu Cara Untuk Menyambut HUT RI

Jadikan kegiatan menghias gapura semata-mata untuk menyambut hari kemerdeakaan Indonesia buat dengan sepenuh hati demi menghormati jasa-jasa para pahlawan yang gugur demi membela Indonesia, dan biarkan hadiah dari lomba-lomba hias gapura hanya sebagai bonus saja. Yang utama kita harus melakukan kegaitan ini semata-mata kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan, dan juga menghormati para pahwalan.

Beragam DEKORASI dan AKSESORIS hiasan 17 Agustus unik

Dekorasi menyambut 17 agustusan sepertinya sudah lumrah dilakukan bahkan 1 minggu sebelum hari kemerdekaan. Beragam aksesoris pun kiranya sudah umum dengan peringatan kemerdekaan ini. Berikut beberapa jenis aksesori atau dekor yang bisa anda gunakan untuk menyambut meriah kemerdekaan RI:

Bendera merah putih

Mengibarkan bendera merah putih adalah wajib bagi setiap warga negara Indonesia pada saat merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus. Setiap rumah dihimbau untuk mengibarkan bendera merah putih. Bendera tersebut dapat diikat pada sebatang tongkat kayu atau bambu. Jika memiliki, bisa juga dipasang pada tiang bendera di halaman rumah. Bendera merah putih biasanya dijual oleh abang-abang penjual bendera yang banyak terlihat di jalanan menjelang tanggal 17 Agustus.

Bendera merah putih plastik

Kamu ingat nggak pas zaman kamu sekolah dasar, sering banget ngedekor ruang kelas kamu dengan bendera plastik? Sampai sekarang ternyata kegiatan tersebut masih dilakukan lho. Bendera merah putih plastik adalah salah satu hiasan yang paling sering ditemui di banyak tempat. Di jalanan sekitar rumah, di gedung-gedung perkantoran, di pusat perbelanjaan, hingga di sekolah-sekolah. Kayaknya ada yang kurang lengkap jika tidak mendekorasi bendera merah putih plastik ini.

Masih adakah yang ingat bagaimana cara memasang bendera merah putih plastik ini? Kamu harus menyiapkan benang sepanjang sekian meter tergantung kamu ingin menghiasnya di mana. Setelah itu, masukkan benang tersebut ke lubang yang ada di sisi atas (biasanya di bagian yang warna merah) dari bendera plastik tersebut. Untuk memasukkan benang kamu membutuhkan bantuan seutas lidi atau jarum, karena diameter lubang yang kecil akan menyulitkan kamu. Jika sudah dimasukkan, kamu tinggal menggesernya dan memasukkan lagi bendera yang lain.

Gelas plastik

Hah? Kok gelas plastik? Buat apa gelas plastik? Buat kamu yang belum tahu, dengan sedikit kreativitas gelas plastik juga bisa digunakan sebagai dekorasi untuk memeriahkan 17 Agustus. Gelas plastik yang dimaksud adalah gelas plastik yang berukuran kecil seperti yang biasa digunakan untuk air mineral kemasan, diberi warna merah dan putih lalu dapat digantung atau ditempel di berbagai tempat. Jadinya sih ya mirip bendera merah putih plastik gitu lho.

Di dalam kepala kamu pasti muncul pertanyaan, kan sudah ada bendera merah putih plastik, buat apa lagi repot repot pakai ngecat gelas plastik? Eh jangan salah, seru banget lho kalau kita mendekorasi lingkungan dengan menggunakan gelas plastik. Bisa seru-seruan sama teman ngecat gelasnya, terus gelasnya juga bisa dibentuk berbagai macam lho! Nggak cuma digantung kayak bendera merah putih plastik. Kamu bisa bikin berbagai macam kreasi seperti patung yang terbuat dari gelas plastik.

Mural di tembok

Salah satu yang sedang ngetren sekarang untuk dijadikan hiasan 17 Agustus adalah pembuatan mural atau gambar di tembok. Kamu pasti sering menemukan tembok-tembok beton di jalanan, biasanya tembok yang menopang jembatan atau fly over, kosong hampa begitu saja. Kelihatannya kan kurang indah dan dingin ya, apalagi kalau malam hari, terkesan gelap dan seram. Beberapa orang dari komunitas seni saat ini sedang giat-giatnya untuk menghias tembok-tembok beton tersebut dengan gambar-gambar yang unik dan menarik. Sehingga dengan adanya mural tersebut diharapkan akan memperindah pemandangan lingkungan sekitar, khususnya buat di kolong jembatan yang terkenal angker.

Khusus untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, mural yang dibuat haruslah bertemakan merah putih ataupun kepahlawanan. Misalnya, mural bergambar bendera merah putih, mural bergambar pahlawan-pahlawan nasional Indonesia, ataupun mural yang menunjukkan semangat membangun negeri seperti mural bertuliskan Indonesia Bebas Korupsi atau Indonesia Bersatu Indonesia Maju. Perlu diingat, untuk membuat mural bergambar ini harus meminta izin ke pihak terkait terlebih dahulu ya. Ke warga yang tinggal di sekeliling tembok yang menjadi tempat gambar mural, ke pemimpin daerah (RT/RW/Kelurahan/Kecamatan), ke polisi, serta ke Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

Hiasan 17 Agustus Spanduk

Kalau yang satu ini sebenarnya bukan termasuk dekorasi, namun akan sering kamu lihat di pinggir jalan. Ya, spanduk bertuliskan Selamat Hari Kemerdekaan ke-69 Indonesia atau 17 Agustus 1945 17 Agustus 2014. Spanduk ini biasanya dipajang oleh orang-orang yang duduk di kursi pemerintahan ataupun orang yang cukup eksis. Contohnya anggota dewan legislatif, para pemimpin ormas, para pemimpin partai, atau siapa saja yang memiliki uang dan butuh ngeksis ke masyarakat luas.

Itulah beberapa macam bentuk dekorasi unik yang bisa kamu temukan ketika merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Dari sekian banyak dekorasi, manakah yang akan kamu buat untuk mendekorasikan lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu?

sepeda-hias-untuk-hiasan-17-agustus

Sepeda Hias untuk hiasan 17 agustus

Kemeriahan hiasan 17 Agustus memang dirasakan untuk semua kalangan, nggak terkecuali para anak-anak. Bahkan bisa dikatakan kebanyakan anak kecil yang menantikan hari kemerdekaan Indonesia karena adanya lomba dengan hadiah menarik. Nah, maka jangan heran kalau saat 17 Agustus, kita juga akan menemukan sepeda hias. Sepeda dihias dengan kertas krep berwarna warni, seperti merah, kuning, biru, dan hijau bertema kemerdekaan.

Pita Merah Putih

Hiasan yang satu ini pasti wajib ada saat menyambut perayaan 17 Agustus. Pita nggak hanya digunakan untuk mengikat rambut atau kado, tapi pita merah putih ini bisa dijadikan sebagai pelengkap dekorasi kemerdekaan. Pita merah putih bisa kamu hias dan bentuk sesuka hati sesuai dengan kreasi kamu sendiri.

Balon Merah Putih

Balon nggak hanya ada saat acara pesta atau ulang tahun saja. Balon juga sangat cocok digunakan untuk mendekorasi perayaan 17 Agustus tentunya dengan warna merah putih. Kamu tinggal menempel atau menggantung balon-balon ini di tempat tertentu yang ingin dihias. Agar lebih meriah, bisa kamu tambah dengan hiasan pita merah putih.